Mengenal Fungsi Centrifuge
Peralatan Laboratorium

Centrifuge – Sentrifus Laboratorium

PT PELITA DWI ASA

Mengenal Fungsi Centrifuge – Sentrifus sebagai alat laboratorium yang digunakan untuk proses pemisahan molekul (partikel) suatu larutan antara yang terlarut (filtrate) dengan organel yang mengendap (substrat) melalui proses pemutaran melingkar (sentripetal) berkecepatan tinggi.

Pengertian dan Prinsip Kerja dan Fungsi Centrifuge – Sentrifus

Bagi anda yang khususnya menggeluti bidang biologi, alat Centrifuge mungkin bukan lagi sesuatu yang asing. Centrifuge atau kita Indonesiakan dengan sebutan Sentrifus, mengapa diberi penamaan demikian? Tentunya, penamaan ini terkait dengan cara atau prinsip bekerjanya. Kita akan mencoba mengenali secara runut untuk mengenal fungsi Centrifuge lebih dalam. 

Pengenalan pertama kita adalah pada gaya yang bekerja untuk alat ini, yakni sentripetal dan sentrifugal. Pengenalan ini sekaligus untuk meluruskan kesalahkaprahan sejumlah literatur dalam mendefenisikan proses kerja mekanis centrifuge. Kita mulai dulu dengan defensi (pengertian) singkatnya. Sentripetal diartikan ‘menuju ke pusat’, sementara Sentrifugal diartikan ‘menjauhi pusat’. Nah, dari pengertian tersebut sesungguhnya kita bisa membayangkan bahwa ini adalah 2 bentuk gaya yang berlawanan ataupun perlawanan antara satu dengan yang lain. Meski demikian, keduanya bekerja atau dibangkitkan pada benda sama yang bergerak melingkar, bahkan saling bertaut satu dengan lainnya.

Dapat kita jelas lebih jauh bahwa gaya sentripetal adalah gaya eksternal yang dibutuhkan agar sebuah benda dapat bergerak melingkar. Artinya, gaya ini terjadi karena dibangkitkan oleh suatu sumber tenaga, seperti tenaga manusia, tenaga mesin (motor), tenaga gravitasi, dll dalam bentuk melingkar. Karena dibangkitkan, maka gaya sentripetal ini akan senantiasa bergerak (melingkar) menuju ke pusat lingkaran atau ke sumbu tenaga pembangkitnya. Pada saat bersamaan akan terjadi gaya penyeimbang yang kekuatan gayanya sama besar gaya sentripetal, namun arah gayanya berlawanan (menjauhi pusat lingkaran/sumbu). Inilah yang disebut Sentrifugal. Dalam hal ini, sesunguhnya sentirfugal adalah efek semu yang ditimbulkan berlawanan oleh sebuah benda yang bergerak melingkar. Untuk lebih jelas bisa kita ilustrasikan dengan proses pengurasan atau pengeringan pada mesin cuci yang sehari-harinya kita gunakan. Pengering mesin cuci dengan tenaga motor akan memutar (sentripetal) cucian kita dengan kecepatan tinggi, sehingga air akan terlempar ke dinding tangki mesin cuci (efek sentrifugal) dan dipisahkan dari baju kita.         

Fungsi dan Cara Penggunaan Centrifuge – Sentrifus

Rangkaian proses kerja diatas, diistilahkan dengan sebutan Sentrifugasi. Pertanyaannya, bagaimana proses tersebut berjalan pada sebuah alat Centrifuge (Sentrifus)? Kita bisa menjelaskannya melalui cara penggunannya. Langkah pertama dalam penggunaan alat Centrifuge adalah penyiapan sampel. Dalam hal ini, sampel kita masukkan ke dalam tabung uji (test tube) dan selanjutnya kita tempatkan ke wadah rotor dalam alat sentrifus. Setelah alat kita nyalakan, sentrifus akan memutar rotor secara melingkar (gaya sentripetal) dengan kecepatan tinggi dan tertentu. Sampai pada tahapan ini, dapat kita pastikan alat sentrifus sudah mulai bekerja. 

Proses yang terjadi kemudian, molekul atau partikel pada sampel dengan massa jenis yang lebih besar akan terpisah menjauhi pusat putaran, menuju ke dinding-dinding tabung karena kekuatan sentrifugal. Sedangkan molekul dengan massa jenis yang lebih kecil akan terkumpul di bagain tengah (axis). Dalam proses selanjutnya, molekul-molekul yang terbawa ke dinding tabung akan membentuk massa yang lebih besar, sehingga dengan pengaruh gravitasi akan mengalami pengendapan (sedimentasi) ke bagian dasar tabung sebagai substrat. Berikutnya, molekul dengan massa jenis yang lebih kecil akan berada diatasnya, dan seterusnya lebih diatas berupa cairan zat terlarut yang biasa disebut filtrate atau supernatan.

Dengan mendasarkan pada penjelasan-penjelasan yang disajikan diatas, kita bisa menarik benang merah untuk mengenal fungsi Centrifuge sesungguhnya. Alat Centrifuge berfungsi untuk memisahkan molekul (partikel) suatu larutan antara yang terlarut (filtrate) dengan organel yang mengendap (substrat), melalui proses pemutaran melingkar (sentripetal) berkecepatan tinggi.   

Rekomendasi Model Centrifuge – Sentifus

Jika anda kemudian memiliki kebutuhan akan alat Centrifuge – Sentrifus, kami merekomendasikan 4 model pilihan, baik untuk jenis Benchtop maupun Mini. Disamping didesain digital, keempat model ini memiliki kecepatan putar (speed range) mulai 200 rpm hingga 15.000 rpm. Model-model tersebut diproduksi oleh brand besertifikasi internasional yang memberikan jaminan atas kualitas produknya. 

Keempat model Centrifuge – Sentrifus dimaksud adalah sebagai berikut :

  1. Benchtop High-Speed Centrifuge BT16 Labwe with Fix Rotor 10 x 15 ml. Speed Range 0 – 16000 rpm.
  2. Benchtop Centrifuge OHAUS FRONTIER 5000 Series Multi – Model FC 5706 with Rotor. Speed Range 200 rpm – 6000 rpm.
  3. Benchtop Centrifuge IKA Germany – Model IKA G-L. Speed Range 8000 rpm – 15.700 rpm.
  4. MINI Centrifuge Thermo Scientific – Model mySPIN 12. Max. Speed 12.500 rpm.
  5. Mini CENTRIFUGE DM0506 DLAB – Low Speed Centrifuge.

Kami senang, kami bisa membaginya dengan anda. Jika ada hal terkait yang ingin ditanyakan, silahkan Hubungi Kami. Semoga memberi manfaat. Salam hormat dari Kami. 

Mengenal Fungsi Centrifuge
Centrifuge Benchtop – Produksi IKA Germany – Model IKA G-L

Centrifuge DM0506 DLAB
Centrifuge DM0506 DLAB – Low Speed Centrifuge
Mengenal Fungsi Centrifuge
Benchtop Centrifuge OHAUS FRONTIERâ„¢ 5000 SERIES MULTI