Vortex Mixer
Peralatan Laboratorium

Vortex Mixer Laboratorium

PT PELITA DWI ASA

Fungsi Vortex Mixer sebagai alat laboratorium yang digunakan untuk menghomogenkan larutan atau campuran larutan dalam kapasitas kecil melalui proses vibrasi mekanis berkecepatan tinggi.

Pengertian Fungsi dan Cara Kerja Vortex Mixer

Kita mungkin telah mengenal sejumlah alat labaratorium yang digunakan dalam proses pencampuran larutan sehingga menjadi homogen. Salah satunya adalah adalah Vortex Mixer.  Namun demikian, jumlah cairan yang dapat dihomogenkan vortex mixer terbilang kecil, jika dibandingkan dengan alat homogenizer lain, seperti Hotplate Stirrer dan Orbital Shaker. Kenapa?, karena vortex mixer memang hanya diperuntukkan untuk larutan dengan kapasitas terbatas yang ditempatkan dalam wadah kecil, seperti tabung reaksi dan tabung sentrifus.

Terkait proses kerjanya, vortex mixer bekerja dengan mengubah energi listrik menjadi energi gerak.  Dalam hal hal ini, alat vortex mixer tersusun atas motor mesin yang dialiri listrik dan memiliki poros penggerak (drive shaft). Dimana, motor mesin alat pada prosesnya menggerakkan drive shaft dalam gerakan vertikal hingga cairan teraduk sempurna.

Lebih detail dapat kita gambarkan bahwa untuk menampung sampel yang ditempatkan dalam tabung reaksi atau tabung sentrifus, alat vortex mixer memanfaatkan potongan karet (mixing cup) yang dipasang sedikit di luar pusat alat. Dimana, potongan karet dimaksud akan bergerak mengikuti gerakan poros penggerak pada motor mesin. Bentuk aktualnya, motor mesin berosilasi dengan potongan karet dalam gerakan melingkar yang sangat cepat. Selajutnya, gerakan tersebut menciptakan pusaran pada cairan, sehingga zat-zat yang sebelumnya terpisah akan menyatu hingga molekulnya terseragamkan (homogen).

Aplikasi Fungsi dan Rekomendasi Model Vortex Mixer

Seperti apa aplikasi fungsi vortex mixer sebagai salah satu alat laboratorium? Vortex mixer umumnya diaplikasikan dalam laboratorium biokimia sebagai homogenizer untuk menyeragamkan reagen yang digunakan untuk uji aktivitas enzim. Pemanfaatan vortex mixer dalam proses homogenisasi banyak dilakukan pula pada buffer dan substrat. Disamping itu, vortex mixer juga bisa ditemukan pada laboratorium analitik sebagai alat untuk menghomogenkan sampel penelitian.

Mengenal fungsi vortex mixer dalam perkembangannya, lebih dikaitkan pada terapan teknologi yang menyertai fungsinya. Model vortex mixer yang digunakan saat ini, khususnya dari brand produksi yang sudah teruji, telah dimoderisasi berdasarkan kebutuhan pengaplikasiannya. Vortex mixer modern sudah memiliki pengaturan variabel kecepatan (speed range) serta pengembangan sistem operasi yang disempurnakan dengan pilihan mode operasi. Terapannya berupa model operasi yang dapat dipilih dalam mode sentuh (touch) dan mode continuous yang bergerak terus-menerus secara otomatis. Bukan hanya itu, bahkan pada beberapa model menggunakan sensor Infrared, sehingga pengguna tidak memerlukan tekanan dalam penggunannya.

Terakhir, jika Anda tengah mencari alat sejenis. Kami merekomendasikan model Vortex Mixer terkini dari brand produksi yang sudah teruji dan bersertifikasi internasional. Tiga model vortex Mixer yang kami rekomendasikan untuk Anda, sebagai berikut :

  1. Digital Vortex Mixer – Thermo Scientific, Cat. No. 88882010 – Model Pengganti LP Vortex Mixer 88880018
  2. WIZARD IR (infrared) Vortex Mixer – VELP Scientifica
  3. Vortex Mixer MX-E Fixed Speed 3000 RPM – DLAB Instrument
  4. Vortex Mixer MX-E Fixed Speed 3000 RPM – DLAB Instrument

Kami senang. kami bisa membanginya dengan Anda. Semoga memberi manfaat. Salam hormat dari Kami.


Digital Vortex Mixer Thermo Scientific Cat. 88882010
Digital Vortex Mixer Thermo Scientific Cat.No 88882010

WIZARD IR Vortex Mixer WIZARD IR - VELP Scientifica
Vortex Mixer. Model WIZARD IR Vortex Mixer – VELP Scientifica

Vortex Mixer ZX3 - VELP Scientifica
Vortex Mixer. Model Advanced Vortex Mixer ZX3 – VELP Scientifica