Hotplate Stirrer
Peralatan Laboratorium

Hotplate Stirrer – Hotplate Magnetic Stirrer

PT PELITA DWI ASA

Fungsi Hotplate Stirrer – Hotplate Magnetic Stirrer adalah alat laboratorium yang digunakan untuk menghomogenkan larutan atau campuran larutan melalui proses pemanasan dan pengadukan secara mekanis.

Pengertian dan Fungsi Hotplate Stirrer

Kami yakin anda pernah mendengar penamaan Hotplate Stirrer. Tetapi, mengapa diberi penamaan demikian? Kita akan mencoba mengenali fungsi hotplate stirrer secara runut. Pertama, kita perlu mengetahui dulu khusus tentang alat hotplate atau pelat pemanas pada laboratorium. Alat ini pada skala laboratorium, secara khusus berfungsi untuk memanaskan larutan atau campuran bahan. Prosesnya penggunaannya dengan menempatkan larutan yang akan dipanaskan kedalam wadah erlenmeyer atau gelas kimia (beaker) sebelum proses pemanasan dengan alat dimaksud.  

Dalam perkembangan selanjutnya, muncul kebutuhan untuk mendiversifikasi proses dan tujuan dari alat hotplate. Dalam artian, perlu suatu alat yang disamping dapat memanaskan juga mampu melakukan pengadukan (stirring). Singkatnya, dikembangkanlah suatu alat yang mampu mengombinasikan proses pemanasan dan proses pengadukan secara bersamaan. Alat ini kemudian diberi penamaan sebagai Hotplate Magnetic Stirrer ataupun Magnetic Stirrer with Heating, dan sekarang lebih dikenal dengan sebutan Hotplate Stirrer.  Untuk dapat memerankan proses dan tujuan penciptaannya, alat ini dirakit dengan menggunakan perangkat elektromagnet stasioner. Karena adanya unsur magnet tersebut, makanya muncul pula penamaan magnetic stirrer didalamnya.

Selanjutnya, kita akan mengenali fungsi hotplate stirrer dari prinsip kerjanya. Hotplate sitrrer secara teknis bekerja dengan mengubah energi listrik menjadi energi panas dan energi gerak (putar). Kedua energi inilah yang kemudian difungsikan untuk memanaskan dan mengaduk larutan. Hasil akhirnya, larutan menjadi homogen. Artinya, jika kita menginginkan suatu larutan dengan larutan lain bercampur menjadi homogen, maka alat ini yang kita fungsikan. Agar campuran larutan dimaksud dapat bercampur sempurna, maka dalam prosesnya kita akan menggunakan stir bar (batang magnet) sebagai alat bantu. Sementara panas yang dihasilkan dari alat ini akan membantu kita mempercepat terjadinya homogenisasi larutan. 

Cara Kerja dan Rekomendasi Model Hotplate Stirrer

Bagaimana cara mengunakan Hotplate Stirrer?. Jawabannya, cukup mudah. Pertama, tentu kita harus memastikan perangkat alat dalam kondisi menyala (on). Selanjutnya, kita perlu menyiapkan stir bar yang kita akan taruh dalam larutan sampel untuk membantu proses pengadukan. Stir bar adalah batang magnet, umumnya berbentuk bulat panjang dengan varian ukuran panjang 1,2 – 4 cm dan diameter 0,5 – 1 cm. 

Dikarenakan mesin alat memiliki medan magnet yang terbangun dari perangkat elektromagnet stasioner, maka stir bar yang juga mengandung magnet akan tertarik memutar mengikuti putaran yang dihasilkan mesin stirrer. Momentum terputarnya stir bar (dalam larutan sampel) akibat tarikan medan magnet, menandai berjalannya proses pengadukan larutan. Jika kita membandingkannya dengan alat Overhead Stirrer, maka fungsi stir bar sebagai alat bantu pada hotplate stirrer, kurang lebih memerankan fungsi yang sama dengan propeller stirrer pada overhead stirrer

Hal terkait yang perlu kami sampaikan juga, alat ini mampu menghomogenkan 10 liter larutan (H20) dengan bantuan stir bar, khususnya untuk beberapa model yang kompetibel. Disamping itu, memiliki kecepatan putar (pengadukan) mencapai 1500 rpm. Sementara temperatur pemanasannya dapat mencapai suhu hingga 500ºC, khususnya yang menggunakan material porcelain sebagai pelat. Kita tentu dapat mengatur kecepatan putaran pengadukan, termasuk derajat suhu yang kita inginkan melalui panel yang tersedia pada unit alat.   

Rekomendasi Model Hotplate Stirrer

Jika anda kemudian memiliki kebutuhan akan alat Hotplate Stirrer, kami merekomendasikan 3 model Hotplate Stirrer Digital. Model-model adalah dari brand produksi berbeda dan telah besertifikasi internasional yang memberikan jaminan atas kualitas produknya. Disamping didesain digital, model-model ini mampu melakukan pengadukan sampai max 10 liter H20. Miliki kecepatan putar pengadukan (speed range) 50 – 1500 rpm, dengan kemampuan pemanasan temperatur mencapai 500ºC sampai lebih. Hal ini dimungkinkan karena pelat (plat) pemanasan menggunakan material Porcelain.  

Ketiga model Hotplate Stirrer dimaksud adalah sebagai berikut :

  1. Hotplate Stirrer – CIMAREC+ Thermo Scientific – Cat. No. SP88857105 – Heating Plate 18.4 x 18.4 cm (Digital Heating, Digital Stirring)
  2. Hotplate Stirrer – CIMAREC+ Thermo Scientific – Cat. No. SP88850105 – Heating Plate 26.0 x 26.0 cm (Digital Heating, Digital Stirring)
  3. Hotplate Stirrer – AREC VELP Scientifica – Cat. No. F20500011 (Digital Heating)
  4. Hotplate Stirrer – C-MAG HS 7 IKA – Heating Plate 18 x 18 cm (Digital Heating)
  5. Hotplate Stirrer – C-MAG HS 10 IKA – Heating Plate 26 x 26 cm (Digital Heating)
  6. RC2240Q Hotplate Thermolyne Thermo Scientific (Large External-Cotrolled Hotplates). Uniform heating of large volumes and multiple vessels.
  7. Magnetic Stirrer with Heating – RCT Basic IKA Germany

Kami senang, kami bisa membanginya dengan anda. Semoga memberi manfaat. Salam hormat dari Kami. 


Hotplate Stirrer
Hotplate Stirrer – CIMAREC+ Thermo Scientific – Cat. No. SP88857105 (Digital Heating, Digital Stirring)

Hotplate Stirrer
Hotplate Stirrer – AREC VELP Scientifica – Cat. No. F20500011 (Digital Heating)

Hotplate Magnetic Stirrer IKA C-MAG_HS7
Hotplate Stirrer – C-MAG HS7 IKA – Cat. No. 3581200 (Digital Heating)

RC2240Q_External_Controller_Hot_Plate_Thermolyne
Hotplate RC2240Q Thermolyne Thermo Scientific

11 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *