Neraca Digital Laboratorium
Peralatan Laboratorium

Neraca Digital Laboratorium

PT PELITA DWI ASA

Mengenal fungsi Neraca Digital Laboratorium sebagai alat laboratorium yang digunakan untuk mengukur massa berat suatu media laboratorium secara akurat, presisi dan akuntabel.

Pengertian dan Fungsi Neraca Digital

Kita mengenal fungsi Neraca Digital sebagai alat ukur untuk satuan berat. Pada skala laboratorium, dibandingkan dengan neraca jenis analog atau manual, neraca digital memiliki fungsi lebih sebagai alat ukur. Kenapa?, karena neraca digital lebih akurat, presisi dan akuntabel, dalam artian bisa menyimpan hasil dari setiap penimbangan. Neraca ini lazim kita jumpai dalam laboratorium.

Berdasarkan prinsip kerjanya, Neraca Digital sesungguhnya dikategorikan sebagai Neraca Analitik (Analytical Balances). Sama dengan neraca analitik, neraca digital bekerja dengan mengukur tekanan (gaya tolak) yang dibutuhkan untuk menghitung massa, bukan mengukur massa real.  Dari sisi bentuk dan tampilan pun juga sama.  Nah, untuk membedakannya kita akan memberi batasan sebagai berikut :

  1. Neraca analitik memiliki tingkat akurasi sangat tinggi, 0.001 gr (3 digit) bahkan 0.0001 gr (4 digit). Sedangkan neraca digital memiliki tingkat akurasi 0.1 gr (1 digit) dan 0.01 gr (2 digit)
  2. Kapasitas penimbangan neraca analitik terbatas, dengan kapasitas maksimum hanya mencapai sekitar 500 gr. Sementara sebuah neraca digital ada yang mencapai kapasitas penimbangan hingga 8.000 gr
  3. Neraca analitik dilengkapi dengan kotak transparan berpintu (draftshield) sebagai pelindung angin untuk menjaga stabilitas saat penimbangan. Draftshield umumnya tidak digunakan pada neraca digital
  4. Neraca digital dapat digunakan berpindah-pindah di lokasi-lokasi pengukuran (portable), sedangkan neraca analitik sifatnya statis yang khusus ditempatkan dalam Laboratorium.

Dengan batasan-batasan tersebut di atas, aplikasi fungsi neraca digital laboratorium dan neraca analitik di Laboratorium juga berbeda. Neraca digital (1 – 2 digit) lebih digunakan untuk menimbang media reagensia sebagai media pembentukan bakteri, jamur atau media tanam kultur jaringan. Umumnya diaplikasikan dalam laboratorium mikrobiologi. Sementara neraca analitik digunakan khusus untuk menimbang sampel, pereaksi (reagent) dan larutan standar primer yang memerlukan tingkat ketelitian tinggi. Aplikasi ini umumnya diterapkan dalam laboratorium  kimia.

Model Neraca Digital OHAUS  

Pertanyaan yang mungkin terlintas dibenak kita adalah kenapa OHAUS? Ohaus sesungguhnya adalah brand produksi dari sebuah korporasi perusahan OHAUS Corporation. Perusahaan ini berbasis di Amerika Serikat dan didirikan pada Tahun 1907, merupakan pelopor keberadaan timbangan (neraca) untuk laboratorium, pendidikan, industri dan pasar khusus. Karenanya, dalam dunia pendidikan kita sering mendengar sebutan timbangan yang bereferensi analisis disebut dengan Timbangan (Neraca) Ohaus.

Kami akan mengenalkan Neraca Digital Portable dari brand produksi OHAUS, yakni Scout Series Portable Balances. Scout series menerapkan standar baru untuk kebutuhan laboratorium dan industri dengan stabilisasi yang cepat dan resolusi hasil penimbangan yang tinggi. Neraca ini didesain portable dalam bentuk yang ramping dan dapat ditumpuk, dengan LCD backlit yang besar. Dua model OHAUS Digital Portable Balances, Scout Series yang kami kenalkan adalah :

  1. OHAUS Scout Portable Balances – Model SPX 2202. Capacity 2220 gr (2.2 kg), Readability 0.01 gr, Repeabilty 0.02 gr, Pan size 170 × 140 mm, Net Weight 1 kg.
  2. OHAUS Scout Portable Balances – Model SPX 422. Capacity 420 gr, Readability 0.01 gr, Repeabilty 0.01 gr, Pan size diameter 120 mm, Net Weight 1 kg.

Kami senang, kami bisa membanginya dengan Anda. Semoga memberi manfaat. Salam hormat dari Kami.


Neraca Digital Laboratorium
OHAUS Digital Portable Balances Scout Series – Model SPX 2202

Neraca Digital Laboratorium
OHAUS Digital Portable Balances Scout Series – Model SPX 422