TLC Chamber - Chamber KLT
Peralatan Laboratorium

TLC Chamber – Bejana KLT


PT PELITA DWI ASA

Fungsi TLC Chamber – Bejana KLT adalah alat laboratorium yang digunakan sebagai perangkat dalam analisis Thin Layer Chromatography (TLC) atau Kromotagrafi Lapis Tipis (KLT).

Pengertian dan Fungsi TLC Chamber – Bejana KLT

TLC adalah singkatan Thin Layer Chromatography atau Kromatografi Lapis Tipis (KLT). Lantas, apa hubungannya dengan TLC Chamber atau Bejana KLT? TLC Chamber atau Bejana KLT adalah perangkat atau wadah yang digunakan dalam proses Analisis TLC. Dengan demikian, mengenali fungsi TLC Chamber tidak terlepas dari pengenalan kita terhadap TLC (KLT) sebagai sebuah proses analisis. 

Analisis TLC dalam hal ini, merupakan salah satu analisis kualitatif dan kuantitatif dari suatu sampel yang ingin dideteksi. Metodenya adalah dengan memisahkan komponen-komponen sampel berdasarkan perbedaan kepolaran. Apa fungsi analisis CLT atau analisis KLT tersebut?. Setidaknya, ada empat fungsi analisis CLT, yakni : 

  1. Memonitor pergerakan reaksi; 
  2. Mengidentifikasi senyawa yang terdapat di dalam campuran; dan 
  3. Mengetahui jumlah komponen dalam sampel; 
  4. Menentukan kemurnian bahan.

Terkait dengan fungsi tersebut, aplikasi analisis TLC (KLT) saat ini sangatlah luas. Hal ini karena sejumlah senyawa yang tidak mudah menguap serta terlalu labil untuk kromatografi cair, dapat dianalisis dengan KLT. Disamping itu, analisis TLC dapat pula untuk memeriksa adanya zat pengotor dalam pelarut. Sebagai contoh, para ahli kimia foresik menggunakan KLT untuk bermacam pemisahan, seperti dari plasticizer, antioksidan, tinta dan formulasi zat pewarna. Pemakaiannya juga meluas dalam pemisahan anorganik.

Cara Penggunaan TLC Chamber TLC – Bejana KLT

Telah disebutkan sebelumnya, fungsi TLC Chamber atau Bejana KLT sebagai perangkat yang digunakan dalam proses analisis Kromatografi Lapis Tipis (KLT) atau Thin Layer Chromatography (TLC). Sama seperti alat Desiccator, Bejana KLT adalah alat berbobot tebal yang terbuat dari material gelas. Berbentuk kotak dan dilengkapi dengan tutup. Bagian dalam bejana dibuat berongga, sebagai tempat menaruh pelat (plat). Ukuran Bejana KLT disesuaikan dengan ukuran pelat, umumnya berukuran 10 x 10 cm dan 20 x 20 cm.

Selanjutnya kita akan mengenali Chamber TLC dalam proses penggunaannya untuk analisis TLC. Pertama, bejana KLT (TLC Chamber) akan dipasingi pelat yang sesuai ukuran. Pelat ditempatkan dalam rongga penyangga yang terdapat dalam ruang wadah bejana. Pelat dalam hal ini, sebelumnya dilapisi dengan lapisan tipis bahan adsorben, biasanya silika gel, aluminium oksida, atau selulosa. Lapisan tipis adsorben diketahui sebagai fasa stasioner (atau fasa diam). Sampel kemudian diaplikasikan (ditotolkan) pada pelat, menggunakan pipet kapiler atau micropipet. Selanjutnya suatu pelarut atau campuran pelarut (dikenal sebagai fasa gerak) dialirkan ke atas melalui pelat berdasarkan gaya kapilaritas. Oleh karena analit (zat yang ingin diketahui) yang berbeda mengalir menaiki pelat KLT dengan laju yang berbeda, maka terjadilah pemisahan komponen dalam analit tersebut.

Terakhir, untuk kebutuhan Bejana KLT dimaksud, kami merekomendasikan Bejana KLT (TLC Chamber) dari brand produk Macherey Nagel, Germany. Tersedia untuk 2 ukuran, yakni : (1) TLC Chamber for 2 plate 10 x 10 cm, dan (2) TLC Chamber for 5 plate 20 x 20 cm.

Kami senang, kami bisa membanginya dengan Anda. Semoga memberi manfaat. Salam hormat dari Kami.


TLC_KLT Chamber Machery Nagel
Chamber TLC – Bejana KLT untuk Perangkat Analisis CLT, produksi brand Macherey Nagel, Germany

TLC - KLT Chamber Macherey NagelTLC - KLT Chamber Macherey Nagel
Bejana KLT – TLC Chamber untuk ukuran pelat 20 x 20 cm. Produksi brand Mecherey Nagel, Germany. Disediakan oleh PT PELITA DWI ASA