Mengenali Water Bath - Waterbath
Peralatan Laboratorium

Water Bath – Waterbath

PT PELITA DWI ASA

Fungsi Water Bath – Waterbath adalah alat laboratorium yang digunakan untuk memanaskan media laboratorium secara mekanis dengan mengunakan medium air atau oilbath sebagai penghantar panas.

Pengertian, Fungsi dan Cara Kerja Water Bath – Waterbath

Kita mengenal sejumlah alat pemanas dalam skala laboratorium, seperti Oven Laboratorium, Hotplate Stirrer hingga Water Bath (Waterbath). Alat-alat tersebut walaupun memerankan fungsi yang kurang lebih sama sebagai alat pemanas, namun dari segi metode dan aplikasi penggunannya berbeda. Artinya, media (bahan) yang akan dipanaskan termasuk tujuan pemanasannya, harus disesuaikan dengan jenis alat pemanas yang digunakan. Sementara proses pemanasan itu sendiri sangat diperlukan dalam analisis laboratorium. Kenapa?, karena banyak reaksi kimia yang hanya terjadi pada suhu yang lebih tinggi. Terkait dengan itu, dalam bahasan ini kita akan mengenali Water Bath – Waterbath sebagai alat pemanas dengan metode dan fungsi spesifik.

Kita akan memulai dari tinjauan fungsi dan aplikasinya. Waterbath merupakan peralatan laboratorium dengan fungsi dasar sebagai pemanas. Pada waterbath, air atau cairan khusus (oilbath) menjadi media penghantar panas yang bisa mempertahankan suhu pada kondisi tertentu, selama selang waktu yang ditentukan. Dalam aplikasinya, waterbath digunakan untuk menciptakan suhu yang konstan, menginkubasi pada analisis mikrobiologi, melebur basis, menguapkan ekstrak untuk mereaksikan zat diatas suhu ruangan, serta untuk aktifitas enzim. Dalam hal ini, waterbath lasimnya digunakan pada bahan yang mudah terbakar dan disarankan tidak menggunakan api terbuka dalam proses pemanasannya.

Bagaimana dengan cara kerjanya? Waterbath bekerja dengan cara memanaskan air dengan heater (thermostat) sampai suhu air naik, sesuai dengan suhu yang kita pilih. Pada tahapan ini, kita bisa mengatur berapa waktu kerja alat pada suhu dimaksud. Ketika waktu yang kita tentukan telah tercapai, heater akan berhenti bekerja memanaskan air. Guna memaksimalkan kinerjanya, sebuah waterbath dilengkapi dengan indikator level air (interface) dan safety circuit. Interface sebagai indikator, bertujuan agar heater selalu terendam pada level air yang tepat untuk dapat bekerja secara maksimal. Sementara safety control, berfungsi sebagai kontrol suhu dengan tujuan agar suhu dalam waterbath tidak melebihi suhu yang telah ditetapkan. Safety control dalam hal ini, biasanya disetting tepat diatas settingan rangkaian kontrol.

Rekomendasi Model Water Bath – Waterbath

Kita selanjutnya akan mengenali Water Bath – Waterbath dari segi model. Bagi Anda yang memiliki kebutuhan akan alat dimaksud, kami merekomendasikan dari brand produksi MEMMERT Germany. Kenapa Memmert? Karena Memmert selain sebagai perusahaan dengan reputasi yang panjang, mereka memproduksi waterbath dengan beberapa keunggulan. Pertama, waterbath Memmert memiliki keunggulan berupa penggunaan alat secara intuitif. Kedua, bahan instrumen waterbath Memmert bermaterial stainless steel dengan resistensi yang tinggi terhadap bahan kimia dan ketahanan terhadap faktor eksternal laimnya. Keunggulan lainnya, Waterbath Memmert didesain dengan fasilitas yang menghubungkan program pada instrumen dengan jaringan luar. Selanjutnya, terdapat sistem pengaman pada waterbath Memmert yang membuat pengguna dapat lebih peka dalam penggunaan instrumen.

Memmert memproduksi 2 series Waterbath, yakni seris WNB dengan satu sensor temperatur (PT100 sensor), dan series WNE dengan dua PT100 sensor. Sejumlah model yang bisa Anda lihat lebih detail adalah sebagai berikut :

  1. MEMMERT Waterbath WNB 10. Capacity 10 Liter; Dimensi bath 350×210×140 mm. Opsi mengunakan Ring atau Rack.
  2. MEMMERT Waterbath WNB 14. Capacity 14 Liter; Dimensi bath 350×290×140 mm. Opsi mengunakan Ring atau Rack.
  3. MEMMERT Waterbath WNB 22. Capacity 22 Liter; Dimensi bath 350×290×220 mm. Opsi mengunakan Ring atau Rack.
  4. MEMMERT Waterbath WNE 29 Excelent. Capacity 29 Liter; Dimensi bath 590×350×140 mm. Mengunakan 2 sensor Temperatur, dilengkapi dengan Ring dan Gamble Cover.

Spesifikasi detail model-model Waterbath Memmert tersebut diatas, dapat dilihat pada link yang kami sediakan. Kami senang, kami bisa membanginya dengan Anda. Semoga memberi manfaat. Salam hormat dari Kami.

Mengenali Water Bath - Waterbath
MEMMERT Watarbath dengan Gamble Cover dan RACK sebagai Wadah Pemanasan Bahan
Mengenali Water Bath - Waterbath
MEMMERT Waterbath dengan RING sebagai Wadah Pemanasan Bahan